Menyambut Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 Disdik Sumut Dicanangkan Pecahkan 2 Rekor Muri

Menyambut Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 Disdik Sumut Dicanangkan Pecahkan 2 Rekor Muri

topmetro.news – Menyambut Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021, Dinas Pendidikan Sumut bakal meraih rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Yakni terkait ‘Ujian Kompetensi Berbahasa Indonesia’ (UKBI) sebanyak 5. 000 pelajar. Serta ‘Pemakai Baju Etnik’ oleh 10.000 pelajar di Sumatera Utara dengan catatan terbanyak di Indonesia.

Kadis Pendidikan Sumut Prof Drs Syaifuddin MA PhD (foto) mengungkapkan hal itu kepada wartawan di Medan, Rabu (27/10/2021).

Prof Syaifuddin menyebut, sore ini sekitar pukul 15.00 WIB Panitia Rekor MURI akan mengadakan latihan atau gladi resik (GR) di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara. Untuk melihat kesiapan Dinas Pendidikan Sumut terkait penerimaan Rekor Muri dalam dua kategori .

Lanjutnya lagi, ada pun ketentuan penilaian dari MURI tersebut di antaranya, pertama, Kamis (28/10/2021), akan ada lima sesi dengan 5.000 pelajar di Kota Medan secara ‘Zoom’ menampilkan dan mengikuti Ujian Kompetensi Berbahasa Indonesia (UKBI). Tentunya pihak Dinas Pendidikan Sumut bekerjasama dengan Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara.

Berikutnya akan menampilkan 10.000 pelajar memakai pakaian etnik terbanyak se-Indonesia. Yang mana akan menurunkan sample pelajar nantinya di Pendopo Rumah Dinas Gubsu sebanyak 200 orang dari UPT Dinas Pendidikan Sumut Medan Selatan.

Pencapaian Rekor MURI ini, kata Prof Syaifuddin, adalah untuk mengajak semua pelajar dan Bangsa Indonesia, agar menjadikan Bahasa Indonesia menjadi jati diri dalam budi pekerti dalam berbahasa.

“Kita harus menghargai betapa besarnya Bangsa Indonesia yang bermartabat. Dengan percaya diri bisa mengusung Bahasa Indonesia sebangai bangsa yang punya budipekerti dalam menyambut Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021,” ujar Syaiffudin.

Penilaian Rekor MURI ini, kata Syaifuddin, akan berlangsung besok, Kamis (28/10/2021), menyambut Sumpah Pemuda, di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara Jalan Jenderal Sudirman No. 41.

“Saya berharap, penilaian ini merupakan hadiah terbesar bagi pemuda dan pelajar serta masyarakat Sumatera Utara,” ujar Syaifuddin.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment